Komunikasi Publik
Komunikasi Publik
(Komunikasi Publik) adalah salah satu jenis atau bentuk komunikasi, selain
komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication), komunikasi antarpribadi
(interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communcation),
komunikasi organisasi (organization communication), dan komunikasi massa (mass
communication).
Komunikasi Publik dikenal dengan banyak nama/istilah –urusan publik (public affairs), informasi publik (public information), dan hubungan publik (public relation) atau humas (hubungan masyarakat).
Komunikasi Publik dikenal dengan banyak nama/istilah –urusan publik (public affairs), informasi publik (public information), dan hubungan publik (public relation) atau humas (hubungan masyarakat).
Sarana
komunikasi publik yaitu segala saluran yang bisa menyampaikan pesan kepada
publik:
- Media Massa
- Orasi pada rapat umum
- Aksi demonstrasi
- Blog
- Situs Jejaring Sosial
- Kolom komentar di website/blog
- E-mail, milis
- SMS
- Surat
- Surat Pembaca
- Reklame
- Spanduk
Komunikasi Publik dapat diakukan oleh siapa pun, dapat pula
dilakukan oleh seorang komunikator publik profesional. Mereka yang termasuk
Komunikator Publik Profesional antara lain, manager dan staf PR/Humas,
wartawan, penyiar radio, presenter, penyaji ramalan cuaca, dan sebagainya.
Kecanggihan teknologi komunikasi saat ini membuat semua orang bisa melakukan komuniksi publik. Sekadar contoh, jika kita memposting sebuah komentar pada sebuah kolom komentar yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik. Jika kita mengatakan sesuatu di ruang publik yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik.
Ciri utama Komunikasi Publik adalah berisi pesan yang penting diketahui publik –dikenal dengan Informasi Publik. Yang dikomunikasikan menyangkut urusan publik (Public Affairs) atau yang diharapkan menggugah orang banyak.
Sebagai contoh, lembaga-lembaga survei selalu mengumumkan hasil surveinya kepada media massa, pengamat yang tidak diwawancara media mengirimkan komentarnya tentang isu aktual kepada wartawan, dan sebagainya
Kecanggihan teknologi komunikasi saat ini membuat semua orang bisa melakukan komuniksi publik. Sekadar contoh, jika kita memposting sebuah komentar pada sebuah kolom komentar yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik. Jika kita mengatakan sesuatu di ruang publik yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik.
Ciri utama Komunikasi Publik adalah berisi pesan yang penting diketahui publik –dikenal dengan Informasi Publik. Yang dikomunikasikan menyangkut urusan publik (Public Affairs) atau yang diharapkan menggugah orang banyak.
Sebagai contoh, lembaga-lembaga survei selalu mengumumkan hasil surveinya kepada media massa, pengamat yang tidak diwawancara media mengirimkan komentarnya tentang isu aktual kepada wartawan, dan sebagainya
Komunikasi Massa
Pengertian
Komunikasi Massa adalah bentuk
komunikasi yang menggunakan saluran (Media) dalam menghubungkan komunikator dan
komunikan secara massal, berjumblah banyak, terpencar, sangat heterogen dan
menimbulkan efek tertentu. Selain itu pesan yang disampaikan cenderung terbuka
dan mencapai khalayak dengan serentak. Menurut Charles R. Wright menyatakan
komunikasi massa berfungsi untuk kegiatan penyelidikan (surveillance), kegiatan
mengkorelasikan, yaitu menghubungkan satu kejadian dengan fakta yang lain dan
menarik kesimpulan, selain itu juga berfungsi sebagai sarana hiburan.
Definisi Komunikasi massa adalah suatu proses dimana media
menyebarkan pesan ke publik secara luas dan pada sisi lain diartikan sebagai
bentuk komunikasi yang ditujukan pada sejumblah khalayak yang tersebar,
heterogen, anonim, melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama
dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Ciri- ciri dan karakteristik komunikasi massa meliputi sifat
dan unsur yang tercakup didalamnya (Suprapto, 2006 : 13). Adapun karakteristik
komunikasi massa adalah :
- Sifat
komunikan, yaitu komunikasi massa yang ditujukan kepada khalayak yang
jumblahnya relatif besar, heterogen, dan anonim. Jumblah besar yang
dimaksudkan hanya dalam periode waktu yang singkat saja dan tidak
dapat diukur, beberapa total jumblahnya. Bersifat heterogen berarti
khalayak bersifat berasal dari latar belakang dan pendidikan, usia, suku,
agama, pekerjaan,. Sehingga faktor yang menyatukan khalayak yang heterogen
ini adalah minat dan kepentingan yang sama. Anonim berarti bahwa
komunikator tidak mengenal siapa khalayaknya, apa pekerjaannya, berapa
usianya, dan lain sebagainya.
- Sifat
media massa, yaitu serempak dan cepat. Serempak (Simultanety) berarti
bahwa keserempakan kontak antara komunikator dengan komunikan yang
demikian besar jumblahnya. Pada saat yang sama, media massa dapat membuat
khalayak secara serempak dapat menaruh perhatian kepada pesan yang
disampaikan oleh komunikator. Selain itu sifat dari media massa adalah
cepat(rapid), yang berarti memungkinkan pesan yang disampaikan pada banyak
orang dalam waktu yang cepat.
- Sifat
pesan, Pesan yang disampaikan melalui media massa adalah bersifat umum
(Public). Media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan kepada
khalayak, bukan untuk kelompok orang tertentu. Karena pesan komunikasi
melalui media massa sifatnya umum, maka lingkungannya menjadi universal
tentang segala hal, dan dari berbagai tempat di seluruh dunia. Sifat lain
dari pesan melalui media massa adalah sejenak (Transient), yaitu hanya
untuk sajian seketika saja.
- Sifat
komunikator, karena meida massa merupakan lembaga organisasi, maka
komunikator dalam komunikasi massa, seperti wartawan, utradara, penyiar,
pembawa acara, adalah komunikator yang terlembagakan. Media massa
merupakan organisasi yang rumit, pesan-pesan yang disampaikan kepada
khalayak adalah hasil kerja kolektif, oleh sebap itu, berhasil tidaknya
komunikasi massa ditentukan oleh berbagai faktor yang terdapat dalam
orginisasi massa.
Sifat atau efek yang ditimbulkan
pada komunikan tergantung pada tujuan komunikasi yang dilakukan oleh para
komunikator. Apakah tujuannya agar komunikan hanya sekedar tahu saja, atau
komunikan berubah siap dan pandangannya, atau komunikan dapat berubah tingkah
lakunya, bahkan komunikan hanya mengkonsumsi berita sesuai dengan kebutuhan
yang ingin mereka dapatkan dari media, misalnya informasi tentang tempat
liburan di akhir pekan, tempat olahraga yang tepat untuk menyegarkan tubuh,
serta berbagai informasi kuliner yang dapat memanjakan lidah, atau infomasi
pasar tentang perkembangan berbagai harga untuk komoditi atau barang tertentu.
Fungsi
Komunikasi Massa
Menurut Cangara, komunikasi tidak
hanya diartikan sabagai pertukaran berita atau pesan, tetapi juga sebagai
kegiatan individu dan kelompok mengenai pertukaran data, fakta, dan ide
(Winardono, 2006 : 57). Komunikasi massa dapat berfungsi untuk :
- Informasi,
yaitu kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini,
pesan, komentar, sehingga orang bisa
mengetahui keadaan yang
- Sosialisasi,
yakni menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang
bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai
anggota masyarakat secara efektif.
- Motivasi,
mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang
mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa.
- Bahan
diskusi, yaitu menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal
perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.
- Pendidikan,
yaitu dengan menyajkan informasi yang mengandung nilai edukasi, sehingga
membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara informal.
- Memajukan
kebudayaan, media massa menyebarluaskan hasil-hasil kebudayaan melalui
pertukaran siaran radio, televisi, atau media cetak. pertukaran ini
memungkinkan penigkatan daya kreativitas guna memajukan kebudayaan
nasional masing-masing negara, serta memperkuat kerjasama
masing-masing negara.
- Hiburan,
media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan
usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat
estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik, bunyi, gambar, dan
bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya
hiburan lain.
- Integrasi,
yaitu banyaknya negara-negara didunia dewasa ini diguncang oleh
kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan etnis dan ras.
Komunikasi sepert satelit dapat digunakan untuk menghubungkan perbedn-perbedaan
itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
Menurut Robert K, Avery menyatakan bahwa media massa
memiliki fungsi sebagai berikut :
- The
surveilance of environtment, yaitu media massa berfungsi sebagai
pengamatan tehadap lingkungan, penyingkap ancaman, dan kesempatan untuk
mempengaruhi nilai masyarakat, serta sebagai sebagain unsur didalamnya.
- The
corralation of the part of society in responden to the environment, yaitu
fungsi media massa untuk mengadakan koralasi antara informasi data yang
diperoleh dengan kebutuhan khalayak sasaran, karena komunikator lebih
menekankan pada seleksi evaluasi dan interprestasi.
- The
transmission tha social harietage from one generation to the next
generation, yaitu media massa berperan untuk memindahkan nilai-nilai
budaya dan warisan dari satu generasi ke generasi lainnya.
Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Komunikasi Publik sering pula disebut sebagai komunikasi
massa (mass communication), meski komunikasi massa lebih spesifik, yakni
komunikasi melalui media massa (communicating with media).
Komunikasi publik lebih luas daripada komunikasi massa. Komunikasi massa ”hanya” menggunakan media massa, seperti suratkabar, majalah, website, radio, dan televisi. Komunikasi publik lebih luas lagi.
Komunikasi publik lebih luas daripada komunikasi massa. Komunikasi massa ”hanya” menggunakan media massa, seperti suratkabar, majalah, website, radio, dan televisi. Komunikasi publik lebih luas lagi.
Selain
menggunakan media massa, komunikasi publik juga menggunakan e-mail, blog,
jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Yahoo Messengger, Handphone
(SMS), dan medium lain yang bisa menjangkau khalayak luas/banyak seperti aksi
demo, seminar, diskusi, dan sebagainya.
Jadi, komunikasi publik merupakan kombinasi antara
hubungan dengan media masa (media relations), jangkauan komunitas (community
outreach), komunikasi krisis (crisis communication), relasi pelanggan (customer
relations), perencanaan acara (event planning), komunikasi risiko (risk communication).
Komunikasi Publik adalah penyampaian pesan (message), berupa ide atau gagasa, informasi, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak.
Komunikasi Publik adalah penyampaian pesan (message), berupa ide atau gagasa, informasi, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak.
0 komentar:
Posting Komentar